Senin, 08 Maret 2010

Field Trip in Kamang Magek (West Sumatra)

Di akhir bulan Januari lalu, tepatnya tanggal 28 Januari 2010, kami murid kelas 9 beserta beberapa orang guru selama 4 hari field trip ke Sumatera Barat. Yah . . tepatnya didesa Kamang Magek (kampung bu' Detty). Tujuan field trip ini selain sebagai program belajar yang ada tiap tahunnya, juga bertujuan untuk refleshing bagi kami kelas 9, yang disibukkan oleh belajar, belajar, dan belajar. Dengan field trip ini, semoga aj ad sedikit penyegaran.

Pada tanggal 28 Januari itu, kami berangkat kira-kira setelah sholat isya. Dengan menggunakan 5 buah bus, 117 siswa, dan beberapa orang guru. Yah . . perjalanan malam memang menyenangkan. Dibus, berbagai hal dilakukan. Ada yang usil yang pada fotoin teman-teman yang lagi tidur. Ada yang dengerin mp3. Ada yang gak bisa tidur. Yah . . yang pastinya senang banget deh ! !

Akhirnya pukul 09.00 WIB, kami baru sampai didesa Kamang Magek. Daerah ini sangat asri, dan jauh dari keramaian. Waktuny banyak bergeser dari perkiraan awal, yang rencananya akan tiba pukul 3 subuh tadi. Wajar aj, ada banyak kendala yang menyebabkan telat tiba di desa ini. Pertama, ada 1 buah bus yang rusak. Terus dikelok 9, ada mobil terbalik, yang akibatnya jalanan macet. Dan yang terakhir, waktu itu rombangan kami sempat nyasar karna gak tahu alamat pastinya. Mmm. . akhirnya karena keterlambatan itu, agenda bakti sosial jadi batal deh ! !

Setelah sampai dan menempati rumah masing-masing, Semuanya mandi dan bersih-bersih. Lalu kami pun makan siang. Wuiz .. makanannya, uenak pisan euy ! ! (lebay nya ) Padeh . . orang minang banget deh . . Mmm, setelah siap makan, agenda selanjutnya pergi kunjungan kesalah satu sekolah. Yah.. sekolah mereka memang nggak seperti sekolah kita yang luas dan besar, tapi ada 1 hal yang bisa dibanggakan dari mereka, yaitu murid-muridnya sopan-sopan, dan begitu menghargai tamu. Setelah sore, kami pun pulang kerumah masing-masing dan istirahat malam.

Jeng . . jeng . . inilah hari yang paling berkesan. Tanggal 29 Januari, kira-kira pukul 10.00 WIB, kami diajak pergi kesawah. Yah. . persawahannya cukup jauh dari rumah kami. Awalnya memang terasa letih berjalan, tapi setelah sampai, rasa leti itu kembali hilang saat kami bisa bermain dan menikmati indahnya sawah. Pertama kami diajarkan cara-cara memelihara ikan ditambak. Setelah itu kami diperbolehkan untuk masuk kesawah. Waduh .. serunya ! ! Maklum aja, baru pertama kalinya masuk sawah, jadi senangnya nggak nanggung-nanggung. Disana ada banyak hal yang bisa dilakukan, ada yang foto-foto, ada juga yang lari-lari dipematang sawah, ada yang jatuh karna terpeleset, ada juga yang digigit lintah (owh. . kasian) Hxhx. Waktu itu, saya dan beberapa orang teman-teman main lempar-lemparan lumpur. Serbu . . plash.. plok . . jeeeerrr. Haha . . kotor deh semuanya dengan lumpur. Ne salah satu foto waktu disawah ! !

Uh . . capek juga ni lama-lama disawah. Kira-kira pukul 12.00 WIB, kami disuruh untuk naik dan keluar dari sawah. Semuanya kembali balik kerumah masing-masing dan bersih-bersih. Karna sebentar lagi, agenda terakhirnya yaitu jalan-jalan diBukit Tinggi (jam gadang). Setelah selesai makan siang, kami berangkat menuju Jam Gadng. Kira-kira 15 menit, bus pun sampai di tempat tujuan.

Disini semuanya bebas, mau jalan-jalan kemana aja. Waktu itu saya dengan 4 orang teman lainnya, ke kebun binatang. Setelah dari sana, kami jalan-jalan dan keliling-keliling di pasar atas, sekalian beli oleh-oleh buat dibawa keDuri. Sebelum maghrib, semuanya harus kembali kebus lagi. Yah . . pulang deh ! ! Beberapa orang anak bola, malam itun juga balik keDuri. Dan yang lainnya kembali keKamang Magek lagi, dan istirahat malam.

Keesokan harinya, setelah makan pagi kira-kira pukul 10.00 WIB, kami telah bersiap-siap untuk berangkat menuju Duri. Dan kami harusmeninggalkan desa Kamang Magek ini. Tepat pukul 10.30 WIB, bus pun meninggalkan daerah Kamang. Perjalanan dan tempat kunjungan terakhir adalah Ngalau Indah Payakumbuh. Tapi disini hanya sebentar, ya . . lumayan lah bisa foto-foto bentar. Dan akhirnya baru sampai di Duri jam 12 malam. Terus baru nyampe dirumah jam setengah 1 malam. Capek banget . . . apa lagi besok harus masuk sekolah.

Duh . . pokoknya field trip ke Sumbar kali ini, sangat menyenangkan. Dan semoga saja ad kesempatan lagi untuk bisa berkunjung disini. Banyak pengalaman yang bisa diambil :
1. Enaknya bisa bersama-sama dengan teman-teman dan tinggal dalam 1 rumah.
2. Penduduk disana juga ramah-ramah, dan baik dengan pendatang.
3. Untuk pertama kalinya kesawah, kita jadi tahu kalau ternyata menjadi petani itu susah dan butuh perjuangan. Semoga saja setelah balik dari sana, kita jadi bisa menghargai jasa petani dengan tidak membuang-buang nasi.

Ya .. harapannya, semoga saja tahun ini UN lulus 100%, jadi ada jalan-jalan lagi deh . . .! !
Inilah cerita field trip ke Sumbar yang menyenangkan dan nggak akan terlupakan.